PABRIK NOKIA BANGKRUT AKAN DI TUTUP



PABRIK NOKIA BANGKRUT AKAN DI TUTUP berita kali ini akan mengupas tentang PERUSAHAAN PABRIKAN NOKIA DI TUTUP KARENA BANGKRUT Sebuah perusahaan terbesar di bidang telekomunikasi khususnya Handphone Yaitu Nokia yang berjaya di era tahun 2000 an

Perusahaan telepon genggam atau handphone berlabel Nokia mengumumkan kerugian besar di kuartal pertama tahun 2012 ini karena bermunculannya Android dan smartphone. Nokia mengungkapkan kerugian bersih selama tiga bulan pertama tahun 2012 ini sudah mencapai US$1,2 miliar atau sekitar Rp11 triliun. Kepala Eksekutif Nokia, Stephen Elop, mengatakan perusahaannya sedang menghadapi persaingan yang jauh lebih ketat dari perusahaan-perusahaan lain.

"Selama 1 tahun terakhir strategi yang kami terapkan telah membuahkan hasil. Namun tantangan dan persaingan yang kami hadapi ternyata jauh lebih besar dari yang dibayangkan," kata Elop.

"Kami mencatat kinerja yang bagus di sejumlah pasar, termasuk di Amerika Serikat, namun merebut pasar-pasar lain ternyata tidak semudah yang kami kira," imbuh Elop.

Ia juga menjelaskan perubahan cepat di industri telekomunikasi global membuat Nokia harus terus melakukan transisi secara cepat.

"Kami mencatat kinerja yang bagus di sejumlah pasar, termasuk di Amerika Serikat, namun merebut pasar-pasar lain ternyata tidak semudah yang kami kira."


Di bawah kepemimpinan Elop, Nokia melakukan perubahan dengan perlahan-lahan meninggalkan sistem operasi Symbian dan memasang Windows di telepon genggam pintar mereka.

Diberi nama Lumia, Nokia meluncurkan telepon genggam bersistem operasi Windows pada Oktober tahun lalu.

Para analis mengatakan Lumia belum berhasil mengukuhkan posisi di pasar telepon genggam pintar karena data menunjukkan penjualan ponsel kelas ini turun menjadi 12 juta unit di kuartal pertama tahun ini, sementara setahun sebelumnya Nokia berhasil menjual 24 juta ponsel pintar.

Secara keseluruhan Nokia menjual 83 juta ponsel di periode tersebut, turun dari 108 juta yang dijual Nokia pada 2011.

Menanggapi lesunya tanggapan konsumen terhadap Lumia -yang terjual dua juta unit di seluruh dunia- Elop mengatakan ini menjadi isyarat jelas bahwa Nokia perlu menerapkan strategi dengan lebih agresif.

Nokia masih menjadi pembuat telepon genggam terbesar di dunia, namun popularitas telepon genggam pintar buatan Samsung dan Apple membuat penguasaan pasar Nokia terus menciut.

Sejumlah penutupan pabrik Nokia di beberapa negara terus terjadi. Belum lama ini dua pabriknya di China ditutup. Minggu ini juga beredar berita, salah satu pabrik Nokia di negeri asalnya yaitu Finlandia, juga tutup dan merumahkan atau mengandangkan ribuan karyawannya.

Penyebab dan alasan perusahaan pabrik nokia bangkrut dan di tutup karena Persaingan yang sangat kejam di dunia HP menjadikan satu demi satu produsen telepon genggam berjatuhan. Siemens misalnya, yang terkenal menjaga mutu frame productnya tak mampu bernapas di tengah serbuan inovasi dan kemurahan HP baru.

Seperti diberitakan Nokia telah sampai pada keputusan final untuk mengakhiri pabrik di Salo, PERUSAHAAN PABRIK NOKIA DI Finlandia BANGKRUT DAN DI TUTUP. Produksi di Salo telah berhenti dan selama sisa tahun ini, 780 orang akan dirumahkan. Nokia juga sempat memiliki rencana memangkas 3.700 pekerjaan dan menghentikan 10.000 pekerjaan secara global hingga akhir tahun 2013.

Persaingan dengan pemain seperti Apple, Samsung dan Google tak pelak menjadi alasan lesunya bisnis yang dijalankan Nokia. Nokia juga menutup dua kantor di China dan merumahkan karyawannya. Aksi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menata ulang operasionalnya di pasar smartphone terbesar dunia tersebut. Langkah tersebut dilakukan terkait market sharenya yang terus turun di sana, begitupun di negara-negara lain.

Mungkin ini juga akibat menurunnya jumlah produksi akibat persaingan permintaan pasar dari produsen lain. Di bulan Mei pengapalan handset Nokia turun sebesar 24% di kuartal pertama, sehingga hal ini membuat Samsung mengambil alih predikat sebagai produsen mobile-phone terbesar di dunia.

Nokia juga menutup dua kantornya di China dan merumahkan karyawannya. Aksi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menata ulang operasionalnya di pasar smartphone terbesar dunia tersebut.

Penutupan yang dimaksud mencakup kantor penjualan yang berlokasi di Chengdu dan Shanghai, demikian ujar juru bicara Nokia China seperti dilaporkan Wall Street Journal. Langkah tersebut dilakukan terkait market sharenya yang terus turun di sana, begitupun di negara-negara lain.

Nokia tidak menyebutkan secara spesifik berapa jumlah karyawan yang dirumahkan akibat aksi ini, namun mereka mengatakan bahwa pihaknya akan meluaskan operasional di kantor yang masih berdiri yakni di Beijing serta Guangzhou.

Prestasi yang di raih Nokia di ranah smartphone memang belum sebaik rival-rivalnya. Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (14/7/2012), perusahaan ini mengapalkan lebih dari 2 juta smartphone Lumia yang menjalankan Windows Phone secara global di kuartal pertama. Di lain sisi, Apple telah membukukan penjualan sebanyak 35,1 juta untuk piranti iPhone.

Peneliti dari IDC bahkan pernah mengeluarkan laporan di bulan Mei bahwa pengapalan handset Nokia turun sebesar 24% di kuartal pertama, sehingga hal ini membuat Samsung mengambil alih predikat sebagai produsen mobile-phone terbesar di dunia.

Jadi kalau anda mau beli HP nokia sebaiknya pikir-pikir dulu dech karena pabriknya sudah tutup dan takutnya sparpat nokia susah di cari.

Share Dan Bagikan Info Ini Ke Teman Anda Di Bawah Ini ::

Share on :




ARTIKEL TERKAIT ::